Tiap Orang Memiliki Keunikan Tersendiri

Baiklah, mungkin tiap pekan aku harus melewati rintangan ini. Mau bagaimanapun caranya aku pasti bisa!

Detik berganti menit. Hingga tiap menitnya berganti jam. Ini akan segera dimulai. Hanya tinggal menunggu kedatangannya.

Huh! Sangat menjemukan sekali. Mendengar ocehan seputar bisnis. Ini sangat kubenci. Baik pelajaran maupun gurunya. Aku tidak berpihak pada keduanya. Pertama, aku tidak tertarik dengan seputar bisnis. Kedua, gurunya terlalu memaksa. Tak jemu-jemu juga ia memberi setumpuk PR yang melewati batas.

Teman-temanku juga sependapat dengan pendapatku tadi. Kami selalu bertanya-tanya “Mengapa mesti beliau yang mengajar. Sepertinya lebih baik guru lama dibanding dengan guru baru. Aku menyesal telah mencap-nya sebagai guru paling galak. Ternyata ada yang lebih. Sungguh diluar dugaan!”

Salah satu guruku pernah berkata, “Jika kamu tidak bisa menyukai pelajarannya, minimal kau sukai terlebih dahulu gurunya. Begitupun sebaliknya.” Namun dalam nyata, bagiku tak seperti itu.

Hingga akhirnya aku mencurahkan kepada Ayah. Beliau bilang, “Mengapa kamu tidak mencoba bercerita kepada walasmu atau mungkin guru lain. Kamu pasti tau alasan mengapa kamu sangat membenci guru tersebut. Gurumu itu perlu saran juga untuk kedepannya yang lebih baik. Dia tidak akan berubah sebelum orang lain berkomentar tentangnya. Mungkin dia pikir caranya sudah cukup baik. Cobalah bercerita pada gurumu. Barangkali ia akan bercerita juga pada guru yang kau benci itu. Sehingga dia dapat pencerahan.”

Dari situ aku mulai merenung. Guru mempunyai sifat yang berbeda dalam mengajar. Aku tahu sebenarnya guru tersebut mau melakukan yang terbaik bagi siswanya, walaupun caranya menurutku salah. Mungkin juga aku harus belajar menyukai pelajarannya.

Jadi pesan moral dariku, lihatlah seseorang dari sisi baiknya. Bukan buruknya. Jika kau sudah melihat dari sisi buruknya, maka akan sulit mencari sisi baiknya. Tiap manusia berbeda. Maka jangan samakan antara satu manusia dengan manusia lain. The different is unique -Fanny J. Santika

Leave a Reply

